Cara Anda Akan Membuat Telur Orak-Arik Mulai dari Sekarang

Untuk konsistensi custardy yang paling lezat, pinjam metode ini dari para koki di Nonesuch di Oklahoma City. Resep mereka termasuk memadukan kentang rebus mentega dan prosciutto

Anda mungkin menyebutnya sebagai makanan cepat saji yang lambat. Di restoran Nonesuch, Oklahoma City, Chef Colin Stringer dan Chef Jeremy Wolfe menaikkan hidangan paling sederhana, telur orak-arik, ke tingkat yang sama sekali berbeda. Rahasianya adalah meluangkan waktu Anda dan memasaknya dengan lembut dalam ketel ganda, sama seperti yang Anda lakukan pada hollandaise, untuk tekstur yang lembut. “Anda tidak bisa terburu-buru,” kata Chef Stringer. “Dan kau harus mengocoknya terus-menerus.”

Di restoran, adonan super lembut ini dilengkapi dengan caviar atau focaccia buatan sendiri. Dalam resep ciptaannya tersebut, para koki menukar sisi kentang rebus dengan mentega dan prosciutto.

Sebelum memasak, kocok telur sepenuhnya dengan sedikit krim dan sedikit saus ikan, yang memberikan rasa yang memuaskan. Mengocok dengan mantap di atas panas tidak langsung, Anda akan menemukan sedikit perubahan pada awalnya. Tetapi tetaplah mencoba dengan itu dan beberapa menit kemudian Anda akan melihat telur sedikit menebal. Maka Anda akan melihat dadih kecil; jika yang besar terbentuk, hancurkan. Tujuannya adalah tekstur yang halus, mirip dengan bubur jagung. “Seharusnya terlihat hampir pekat, tetapi ketika Anda mencelupkan sendok Anda, mereka terlihat seperti custard,” kata Chef Stringer.

Proses ini harus memakan waktu yang sama dengan waktu yang dibutuhkan kentang untuk menjadi lunak dan segar dalam rebusan mentega mereka. Dalam waktu kurang dari setengah jam, Anda akan memiliki makanan yang lebih mewah dari yang Anda bayangkan tentang ham dan telur.

TOTAL WAKTU: 25 menit PORSI: 4

3 Kentang emas Yukon, diiris sangat tipis

6 sendok makan mentega

2 gelas kaldu ayam, ditambah lagi sesuai kebutuhan

Garam halal

9 telur segar

¼ cangkir krim kental

½ sendok teh saus ikan

12 iris prosciutto atau speck

1. Isi panci sedang dengan air dan didihkan dengan api besar. Tempatkan kentang dan mentega di panci sedang lainnya, dan tuangkan kaldu ayam secukupnya untuk menutupi kentang. Atur panci dengan kentang di atas api sedang. (Setelah mentega mencair, cairan harus menutupi kentang sepenuhnya. Tambahkan lebih banyak kaldu jika diperlukan.) Bumbui kentang dengan garam dan didihkan perlahan sampai mereka mudah ditusuk dengan pisau, sekitar 20 menit.

2. Dalam mangkuk tahan panas yang pas di atas panci berisi air mendidih, panaskan, kocok telur, saus krim dan ikan sampai tercampur rata dan tidak ada goresan yang tersisa. Kurangi panas untuk mempertahankan api kecil, dan letakkan mangkuk di atas, pastikan air tidak menyentuh dasar mangkuk. Masak, dan terus-menerus mengocok dan gosok sisi mangkuk sesuai kebutuhan dengan spatula, sampai telur menebal dan mengeras seperti puding, dengan dadih kecil selama 15 menit. (Telur yang dimasak harus menyerupai bubur jagung. Jika telur terlihat terlalu cepat dimasak, angkat panci dari api sebentar lalu kembalikan.) Rasakan dan bumbui dengan garam.

3. Sajikan telur dengan irisan prosciutto dan kentang rebus mentega di sampingnya.