Rahasia Taco Ikan yang Sensasional

Chef Fermín Nuñez dari Suerte di Austin, Texas, membuat tomat dan bawang merah untuk membuat saus berasap yang lezat untuk branzino panggang. Dibungkus dengan tortilla hangat, ini adalah makanan yang memuaskan

Dari Suerte di Austin, Texas, adonan untuk tortilla selalu dibuat segar setiap hari. Chef Fermin Nunez berpendapat bahwa itu adalah tulang punggung masakan Meksiko.

Resep ciptaannya ini menyerukan setumpuk tortilla jagung hangat, dan apa yang menyertainya telah menjadi ciri khas Suerte lainnya, yang disebut Fish a la Devil. Ikan panggang bersisik — Chef Nuñez menyarankan branzino atau pompano — disajikan di atas saus tomat cabai yang dihiasi dengan mentega zaitun Castelvetrano. Karat tomat memberi saus kedalaman berasap yang bagus.

Chef Nuñez merekomendasikan mencari tortilla yang baru dibuat, jika memungkinkan. Di meja, pengunjung dapat menumpuknya sesuka hati dengan ikan dan saus, lalu menghiasnya dengan bawang merah dan acar lalu teteskan salsa yang kaya akan alpukat. Hasilnya: taco ikan cita rasa tinggi.

TOTAL WAKTU 35 menit, PORSI: 4

4 fillet branzino atau pompano

4 sendok makan minyak zaitun

2 bawang merah, kupas

4 buah tomat Roma, dibelah dua dan dikupas

Garam halal

1½ siung bawang putih, iris

1 cabai serrano, diiris menjadi beberapa bagian

2 sendok makan pasta tomat

½ cangkir zaitun Castelvet yang dipotong kasar

¼ cangkir ketumbar, cincang kasar

1 cangkir cuka putih suling

Jus dan kulit parut dari 1 jeruk nipis, ditambah 1 jeruk nipis, dipotong empat

1 sendok teh gula

1 alpukat

8 tortilla jagung hangat

1. Panaskan oven hingga 425 derajat. Bumbui ikan dengan garam dan 1 sendok makan minyak. Panggang sampai daging mudah terkelupas saat ditekan, sekitar 7 menit.

2. Atur wajan besar dan berat di atas api sedang-tinggi. Tempatkan 1 bawang merah utuh dan tomat utuh dalam wajan kering. Masak, balikkan sesekali, sampai menghitam seluruhnya, sekitar 5 menit. Pindahkan sayuran yang menghitam ke food processor dan puree sampai halus, sekitar 2 menit. Bumbui dengan garam.

3. Iris tipis bawang merah yang tersisa. Dalam panci yang sama, panaskan 2 sendok makan minyak zaitun di atas api sedang-tinggi. Tambahkan bawang putih dan masak sampai tercium aromanya, sekitar 1 menit. Aduk cabai, pasta tomat dan setengah bawang merah yang sudah diiris. Masak sampai bawang merah melunak, sekitar 2 menit. Tuang dalam pure tomat-bawang merah dan didihkan sampai mengental menjadi saus padat, sekitar 5 menit. Angkat wajan dari api dan aduk zaitun dan daun ketumbar. Bumbui dengan garam.

4. Dalam panci kecil, campurkan cuka, kulit jeruk nipis, gula pasir dan sedikit garam. Atur panci di atas api besar dan didihkan. Tambahkan sisa bawang merah iris dan didihkan sampai lunak, sekitar 2 menit. Biarkan bawang merah dingin dan tiriskan sebelum disajikan.

5. Dalam food processor yang bersih, purée alpukat dengan sedikit garam, 1 sendok makan minyak zaitun dan jus jeruk nipis sampai halus.

6. Untuk menyajikannya, sajikan saus tomat ke atas empat piring dan taruh di atasnya masing-masing dengan fillet ikan. Hiasi ikan dengan bawang merah acar dan sajikan dengan irisan jeruk nipis, alpukat, dan tortilla hangat di sampingnya.