Saus Orzo dan Tomat dengan Feta dan Oregano: Resep 20 Menit

Ini seperti risotto, hanya cara masaknya yang lebih cepat dan lebih mudah untuk dipersiapkan. Chef Tom Hill dari Ducksoup London mencoba resep musim panas pada hidangan dengan tomat yang juicy, oregano segar, dan feta yang asin

Cheff Tom Hill tidak mencoba untuk menciptakan kembali resep risotto. Koki dari Restoran Ducksoup London ini hanya membuat sebagian besar bahan yang dimiliki. Cheff Hill sendiri tinggal di daerah dengan komunitas Turki yang besar. Di toko bahan makanan lokal selalu ada feta, tomat, daun salam, jintan dan orzo. Jadi, itulah yang dia bawa pulang. Hasilnya: hidangan orzo ini direbus dalam saus tomat segar. Anggap saja sebagai alternatif resep musim panas dengan mengambil contoh risotto — tanpa semuaya diaduk.

Rebus orzo hingga hampir habis sehingga bisa terserap sebagian saus di wajan. Ini dimaksudkan sebagai hidangan yang subur dan agak pekat, jadi gunakan tomat paling lezat yang dapat Anda temukan, dan tambahkan sedikit air jika diperlukan saat memasak. Anda bisa membuat apa yang diinginkan dengan apa yang kita sebut gelombang risotto. Menurut Cheff Hill hidangan risotto seharusnya meluncur di atas piring, bukan diam kaku. Oregano segar dan feta ditambahkan sebelum disajikan untuk menjaga agar rasanya tetap tajam.

Satu-satunya peringatan dari Cheff Hill: Percayai bahan-bahan yang Anda miliki. Resepnya tidak membutuhkan bumbu sebanyak mungkin agar bisa menonjolkan cita rasa kuat yang sudah ada. Kamu selalu bisa menambahkan lebih banyak bumbu tapi kamu mungkin tidak bisa tahan akan rasanya.

Saus Orzo dan Tomat Dengan Feta dan Oregano

Total Waktu: 20 menit Porsi: 4-6

• Garam halal dan lada hitam yang baru ditumbuk

• 3 pon tomat yang juicy

• 4 sendok makan minyak zaitun extra virgin, ditambah ekstra untuk diteteskan

• 2 sendok teh biji jintan, dilumatkan secara kasar

• 1 bawang kuning besar, potong kotak-kotak

• 2 siung bawang putih besar, parut halus

• 2 sendok teh cabai serpih

• 2 daun salam

• 2 sendok teh paprika

• 8 ons pasta orzo

• 7 ons keju feta

• Daun dari 8 tangkai oregano segar

1. Didihkan dua panci air asin berukuruan sedang. Gunakan pisau pengupas untuk membuat X di bagian bawah setiap tomat dan menghapus inti kayu. Taruh semangkuk besar air es di sebelah kompor.

2. Setelah air mendidih, tambahkan tomat ke dalam satu panci dan rebus 10 detik, lalu masukkan ke dalam air es. Kupas kulitnya dan potong kasar.

3. Di panci lain, rebus orzo sampai cukup sedikit al dente, sekitar 7 menit. Saring dan aduk sampai kering.

4. Atur wajan tumis besar di atas api sedang-rendah dan aduk ke dalamnya minyak zaitun. Tambahkan jintan dan panggang sampai tercium aromanya, 20 detik. Tambahkan bawang merah dan masak sampai transparan, 3 menit. Aduk bawang putih, serpihan cabai, daun salam dan paprika dan masak sampai aromatik, 1-2 menit. Tambahkan tomat dan didihkan sampai lunak dan jus berkurang sedikit, 3-5 menit. Jika wajan terlihat kering, tambahkan sedikit air. Bumbui dengan garam secukupnya. Aduk orzo dan didihkan sampai pasta al dente, 2 menit.

5. Sajikan orzo di atas piring ceper dan remukkan feta di atasnya. Akhiri dengan oregano, lada dan teteskan minyak zaitun.